Bingung Dengan Perbedaan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer?




Perbedaan Teknik Informatika UIN Walisongo, Teknologi Informasi UIN Walisongo, Sistem Informasi UIN Walisongo, Ilmu Komputer UIN Walisongo, dan Teknik Komputer UIN Walisongo?


Jurusan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer termasuk jurusan terfavorit di bidang IT. Tetapi Anda bingung ingin pilih jurusan yang mana?
Sebelum menyesal dengan jurusan yang dipilih, setelah duduk di bangku kuliah,“Aduh, ternyata jurusan ini seperti ini ya?  Yahh, aku salah jurusan nih!” Yuk gali informasi mengenai jurusan-jurusan tersebut biar kamu tidak salah kaprah ya.

 TI itu kepanjangannya Teknologi Informasi atau Teknik Informatika sih?

 Berdasarkan sesi wawancara online melalui aplikasi Whatsapp dengan salah satu dosen Teknologi Informasi Universitas UIN Walisongo Semarang, Mokhamad Iklil Mustofa, “pada dasarnya Teknik Informatika dan Teknologi Informasi itu sama saja. Hanya setiap kampus menyebutnya berbeda – beda. Konsentrasinya pun juga relatif sama. Ada yang memakai sebutan Tenik Informatika ada juga Teknologi Informasi atau yang lainnya. Gelar untuk lulusannya pun berbeda – beda. Untuk UIN Walisongo Semarang sendiri memilih sebutan Teknologi Informasi dengan gelar sarjana komputer bagi lulusannya.”, ungkap beliau.(26/3)

Lalu  apakah dari jurusan-jurusan tersebut mempelajari mata kuliah yang sama-sama berkonsentrasi pada software dan hardware?

“Tergantung kurikulum yang ada.  Kalau  di TI UIN Walisongo ada software dan hardware. Saya dulu berkuliah di  S1 Sistem Komputer  yang dipelajari ada software dan hardware serta microcontroller, aslinya microcontroller dipelajari di fisika dan elektro. Intinya kita lihat gelar dan konsentrasi atau penguasaan materi yang ada di website atau brosur Perguruan Tinggi, jika ingin mendaftar kuliah.” jelas Pak Iklil.

Jadi, intinya sebelum memilih jurusan sebaiknya kalian kunjungi terlebih dahulu website yang ada di perguruan tinggi yang kalian inginkan.

Lalu Apa bedanya Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer ?

Seperti yang kami kutip dari www.duniailkom.com, teknik informatika, teknologi informasi, sistem informasi dan ilmu komputer itu sebenarnya sangat mirip karena dalam jurusan ini tetap menemukan algoritma, pemrograman, dan mempelajari cara membuat aplikasi namun dengan penekanan yang sedikit berbeda.

Pada Ilmu Komputer lebih menekankan ke arah sains-nya komputer, Teknik Informatika dan Teknologi Informasi lebih ke arah implementasi daripada teori. Walau teori juga dibahas namun penekanannya lebih ke sebuah pembuatan aplikasi. Sedangkan Sistem Informasi lebih menekankan mengenai penggabungan konsep komputer dengan tujuan bisnis dan manajemen.

Lalu Teknik Komputer sendiri lebih kepada hardware. Sebenarnya mirip dengan Teknik Elektro, namun juga akan membahas mengenai programming yang menggunakan ‘bahasa mesin’.  Hardware yang dibahas pada jurusan di sini lebih ke arah microcontroller, ‘chip’, atau processor komputer.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan perbedaan dari jurusan – jurusan tersebut, jadi usahakan jangan sampai salah jurusan ya.

                Anda juga bisa bergabung dengan kami di Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang.

Divisi Cyber dan Komunikasi BPKMJ TI


Posting Komentar

0 Komentar