Taukah Kamu nomor NIM itu ditentukan dari mana?

NIM UIN Walisongo Semarang 2020 Semua Jurusan


Halo sahabat IT!

Pembahasan kali ini adalah mengenai nomor induk mahasiswa atau biasa kita sebut NIM.

Untuk mahasiswa baru, NIM ini mungkin masih terdengar asing. Dan untuk mahasiswa lama, apakah sudah tau nomor NIM itu ditentukan dari mana?

Yuk kita kepo-kepo bagaimana menentukan nomor NIM kita!

Dua digit angka pertama itu menandakan tahun masuk kita sebagai mahasiswa di UIN Walisongo Semarang. Semisal kita masuk tahun 2019, maka akan ditulis 19. Jika masuk tahun 2020, maka akan ditulis 20, dan seterusnya.

Dua digit angka selanjutnya menandakan nomor fakultas. Seperti contoh, nomor Fakultas Sains dan Teknologi adalah 08, maka digabung dengan tahun masuk. Begitupun dengan fakultas yang lain.

Tiga digit angka selanjutnya yaitu nomor prodi. Seperti contoh, nomor Prodi Teknologi Informasi adalah 096, maka digabung lagi dengan tahun masuk dan nomor fakultas. Begitu juga prodi lain bisa menyesuaikan.

Tiga digit angka terakhir merupakan nomor mahasiswa. 

Jika kita gabung tahun masuk, nomor fakultas, nomor prodi dan nomor mahasiswa, maka didapat sebuah nomor induk mahasiswa yang akan kita pakai sampai lulus nanti.

Nah, sampai di sini sudahkah paham bagaimana menentukan NIM? 

Kalau sudah paham, ayo bagikan pembahasan menarik ini ke teman-teman yang lain.

Bila ada penasaran sama nim temanmu yang beda jurusan di UIN Walisongo pastinya bisa dilihat dibawah ini:



Dan kalian bisa melihat Data Prodi yang ingin kamu lihat langsung dengan mengeklik tiap nama prodinya di file diatas akan mengarah ke PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi)

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar