TEKNOLOGI INFORMASI UIN WALISONGO SEMARANG

Jurusan Teknologi Informasi UIN Walisongo

Halo!!

Apa kalian baru tahu atau bahkan belum tahu jika ada program studi Teknologi Informasi di UIN Walisongo Semarang?

Jika belum tahu dan ingin mengenali lebih jauh, yuk simak kami!

Program studi Teknologi Informasi di UIN Walisongo Semarang ini terbilang masih baru. Bahkan baru memiliki dua angkatan saja. Program Studi ini dikepalai oleh Bapak Nur Cahyo Hendro Wibowo, M.Kom, dan baru berdiri kurang lebih dua tahun. Gelar akademik yang diperoleh lulusan  program studi Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang ini adalah Sarjana Komputer (S.kom).

Penyelenggaraan Program Studi Teknologi Informasi ini bedasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 293/KPT/I/2018 tentang izin pembukaan program studi pada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Berikut adalah visi, misi dan tujuan dari program studi Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang.

Visi : 
Terdepan dalam riset dan pengembangan ilmu teknologi informasi berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan dan peradaban pada tahun 2038.

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bidang teknologi informasi yang partsipasif dan kreatif bercirikan kesatuan ilmu pengetahuan;
  2. Menyelenggarakan riset dalam bidang teknologi informasi yang bercirikan kesatuan ilmu pengetahuan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi hasil riset utuk kemaslahatan masyarakat;
  4. Menjalin kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan baik tingkat local, nasioal maupun internasional.


Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompetensi tinggi dan berakhlak mulia;
  2. Menghasilkan riset bidang teknologi informasi berbasis kesatuan ilmu pengetahuan;
  3. Mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi untuk kemaslahatan masyarakat;
  4. Meningkatkan kapasitas dan citra program studi Teknologi Informasi.


Jika kalian masih bingung mengenai prospek kerja dari program studi kami, berikut simak profil lulusan program studi kami.

1. Computer System Analyst

Dengan memanfaatkan pengetahuan teknologı intormasi dan bisnis yang dimilikinya, seorang Computer System Analyst harus mampu merancang proses maupun sistem komputer dengan baik sesuai kebutuhan pengguna / client. Seorang Computer System Analyst akan membantu mengorganisasikan keseluruhan Sistem computer dalam organisasi secara efisien dan efektif. Keahlian scoring Computer System Analyst adalah beragam meliputi ilmu computer, perancangan basis data dan pengembangan perangkat lunak, manajemen proyek, administrasi bisnis dan Sistem informasi.

2. Software Engineer (Software Developer)

Seorang Software Engineer atau Software Developer adalah seseorang yang memiliki kompetensi kuat dalam memecahkan masalah dan serta memiliki kemampuan bertikir berbeda. Cakap melakukan perancangan program, menulis koding, memelihara dan mengembangkan kode untuk program serta maupun melakukan ceking bugs. Selain itu, Seorang Software Engineer atau Software Developer bertugas melakukan aktivitas engineering (analisa, rekayasa,spesifikasi, implementasi, dan validasi) untuk menghasilkan perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah pada berbagai bidang.

3. IT Manager

IT Manager bertugas untuk mengatur semua sumber daya teknologi informasi agar efisien dan up to date. IT Manager adalah seorang pemandu yang membantu organisasi menjalankan perubahan di era teknologi modern. Koordinasi teknologi terhadap masalah-masalah dengantop executive, perencanaan peningkatan perangkat lunak ataupun perangkat keras serta negosiasai dengan penyedia untuk suatu layanan produk atau pembelian produk baru. Seorang IT Manager harus memiliki bekal  keilmuan Ilmu Komputer, Pemrograman Komputer, matematika dan pengebangan perangkat lunak serta adminıstrası bisnis.

4. Computer System Network Administrator

AdministratorNetwork Administrator bertugas mengidentifikasi dan memastikan tertanganinya masalah-masalah jaringan, pengorganisasin Computer server, teknologi jaringan, arys informasi, kunci layanan seperti DNS, DHCP dan infrastruktur jaringan melakukan setting dan memelihara firewall.

5. Information Security Analyst

Information Security Analyst bertanggung jawab terhadap keamanan informasi dari serangan-serangan cyber. Tugas ini dilakukan melalui perencanaan dan menjalankan tugas menjaga keamanan jaringan dan sistem computer organisasi dari infiltrasi dan serangan cyber, menjaga sistem informasi dari penyerang (hacker dan cyber attacks).

Semoga Bermanfaat.


Divisi Cyber dan Komunikasi BPKMJ TI


Posting Komentar

0 Komentar