Pembukaan SINTECH 2024 (Study Information Technology)

 

Semarang, 18 Maret 2024
Pembukaan SINTECH (Study Information Technology) 2024 pada Senin (18/03/24) di Gedung Teater LT 4 FST (Kampus 3 UIN Walisongo Semarang).

Dalam rangka melaksanakan acara pembukaan study club Prodi Teknologi Informasi Uin Walisongo Semarang yang biasa disebut SINTECH.

Pada pembukaan SINTECH 2024 ini dihadiri oleh sejumlah Tamu Undangan yang terdiri atas Bapak Dosen Nur Cahyo Hendro Wibowo, S.T., M.Kom, peserta study club, pemateri study club, serta jajaran pengurus HMJ TI.

Pada acara tersebut, Bapak Cahyo selaku dosen dan KAPRODI TI menyampaikan bahwa "Membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menggerakkan mahasiswa untuk mengadakan pelatihan. Harapannya untuk study club disini bisa mewadahi dan menjembatani mahasiswa semster awal untuk mendapatkan ilmu lebih cepat. Sekarang dituntut pergerakan dan perubahan yang cepat, karya yang cepat dan tuntutan lulus kuliah yang cepat dan tepat. Harapannya transfer ilmu secara cepat ini bisa dilakukan dengan study club teknologi informasi (SINTECH). Jika disini ada study club, ada tindak lanjutnya. Pertama, bisa sebagai karya yang menunjukan kita mempunyai kemampuan lebih. Kedua, mempunyai kemampuan yang bisa diterapkan di masyarakat. Berikutnya, bisa menghasilkan 1 karya atau product semisal berupa aplikasi yang bisa dihasilkan. Jika bisa tugasnya ditindak lanjuti untuk keperluan tugas akhir." Dalam pesan tersebut Bapak Cahyo menekankan bahwa SINTECH adalah jembatan bagi mahasiswa Teknologi Informasi untuk mendapatkan ilmu lebih ataupun soft skill tambahan lebih cepat diluar dari jadwal kuliah.

Ketua Panitia SINTECH 2024 juga menyampaikan bahwa "Kami disini selaku anak anak himpunan memberikan wadah kepada kalian semua terutama mahasiswa Teknologi Infromasi untuk mengembangkan skill skill yang kalian miliki, karena sebagai mahasiswa TI sangat dianjurkan untuk menggali skill yang berhubungan dengan komputer, harapannya semoga dengan dibukanya SINTECH pada hari ini menjadi awal semangat untuk mengikuti pelatihan sampai akhir".
Kemudian Ketua Umum HMJ Teknologi Informasi juga menyampaikan "Sebagai fasilitas atau wadah bagi peserta study club terutama Mahasiswa TI Angkatan 2023 untuk belajar bersama menggali minat kemampuan masing-masing individu di bidang teknologi. Study club berisikan 8 pertemuan, harapannya para peserta dapat mengikuti dari awal sampai akhir pertemuan. Indikasi keberhasilan pemahaman output dari kegiatan akan ada follow-up atau karya dari pelatihan yang telah diikuti selama 8 kali pertemuan akan dijadikan tugas akhir dari pembelajaraan SINTECH".

Dilaksanakannya program study club ini bertujuan untuk mengasah bakat dan menambah ilmu bagi para mahasiswa, khususnya Mahasiswa Prodi Teknologi UIN Walisongo Semarang. SINTECH menghadirkan beberapa study club antara lain: Etichal Hacking, Apps Mobile, Web Developer, dan UI/UX. Mahasiswa dapat memilih study club yang mereka minati.

Posting Komentar

0 Komentar